Jangan Copot Kerudungku Bu… PART 1


Disini gue akan berbagi pengalaman mengenai hijab gue yang menjadi sebuah identitas diri. Bisa dibilang gue ini terlahir dari keluarga yang lumayan mengenal agama. Dulu semasa kecil, gue hidup di Bogor di sebuah perumahan sederhana yang dinamakan “Perumahan Bojong Gede”. Gue tumbuh dan berkembang disana. Jaman kecil, Mamah dan Bapak sering banget ngajak gue ke pengajian yang berisi ceramah-ceramah mengenai dunia dan akhirat. Gue sempet bingung kenapa mamah menggunakan jilbab. Tapi jawaban mamah menurut gue belum bisa gue terima secara nalar gue yang saat itu belum genap 3 tahun. Gue masih ingat banget masa-masa kecil disana. Gue inget kata-kata si penceramah yang bilang kalo “Sebagai wanita, diwajibkan baginya untuk menutup aurat, jika tidak berdosalah ia”.
Gue yang saat itu mendengarkan ceramah langsung bilang ke mamah “Mah, kalo misal aku ga make jilbab aku dosa dong?, ntar Ega masuk neraka?”. “Kamu mau make kerudung? Ntar biar masuk surga sama mamah”. Gue saat itu langsung mengiyakan ajakan mamah. Mamah pun besoknya mengajak gue ke tanah abang untuk membeli kerudung kecil yang lucu dan warna-warni berjumlah selusin. Rasanya seneng banget punya kerudung macem-macem warna. Setiap harinya gue selalu gonta-ganti warna kerudung. Awalnya ngerasa panas, terus mamah selalu ingetin kalo (api neraka itu lebih panas daripada panasnya make kerudung).
Gue yang saat itu masih berusia 5 tahunan ngerasa se happy itu make kerudung, ditambah lagi di komplek perumahan ada juga anak kecil seumuran gue yang make kerudung, namanya Upi. Upi merupakan tetangga depan rumah yang selalu ngajak gue mainan rujak-rujakan atau domikadoan. Dia udah duluan sekolah TK dibandingkan gue yang saat itu belum bisa (sebenernya males) untuk belajar alphabet.
 Suatu saat gue mergokin Upi yang main di depan rumah enggak menggunakan kerudung. Gue yang saat itu masih labil dan hmm…. Namanya juga anak kecil, langsung ngerasa benci ke Upi karena udah melepas kerudungnya dan berteriak “Upi… kamu kok ga make kerudung si, ntar kamu bakal masuk neraka tauk” (Oke, ini apa banget sih). Akhirnya, gue dan Upi bertengkar, sempet ga main selama selang waktu yang yah….gabegitu lama, namanya juga anak kecil. Hingga di penghujung tahun 2000, gue dan Upi berpisah dikarenakan gue dan sekeluarga harus pindah ke Kota Purwokerto, tempat dimana Eyang gue tinggal. Gue sekeluarga pindah dikarenakan Eyang (Ortu dari Bapak) engga ada yang mengurus.
Gue ngerasa sedih karena harus berpisah dengan Upi, yang kala itu gue ngerasa dia adalah sahabat terbaik gue kala itu. Gue masih inget kata-kata Upi “Ga… kamu mau pindah ke Jawa ya? Berarti nanti kamu bisa bahasa jawa dong?”.
Tapi, gue aja gangerti jawa itu dimana, bahasa jawa kayak apa aja gue gak ngerti. Hm……..
Singkat cerita gue diterima di TK Bu Is yang berjarak 100 meter dari rumah Eyang, saat itu gue belum punya seragam, jadi hari pertama sekolah, Mamah menyuruh gue untuk menggunakan baju muslim warna pink dengan topi bunga diatasnya -_-.
 
Foto bersama Eyang Ti (Baju muslim ini yang gue maksud)
Hari pertama sekolah gue masih inget saat itu gue disuruh nyanyi didepan kelas dan memperkenalkan diri, yang gue inget saat itu gue nggak punya temen, tapi Mamah mengenalkan gue dengan Imas, siswi berkulit putih mulus dengan logat Sunda. Ternyata Imas merupakan cewe keturunan Sunda dan merupakan siswi pindahan juga. Akhirnya kita berteman baik, rumahnya pun gak jauh dari rumah gue.
Pengalaman Taman kanak-kanak gue bisa dibilang yah biasa aja sih, paling cuman ngikutin kegiatan drum band, main ayunan, prosotan, ngelipet kertas. Tapi satu peristiwa yang gue selalu ingat adalah pengalaman pertama gue sebagai anak umur 6 tahun yang berani menampar laki-laki. Jadi ceritanya, saat itu lagi booming-boomingnya sinetron TERSANJUNG yang dimainin sama Primus, gue sekeluarga sering banget nonton sinetron itu, bahkan dari jamannya gue masih tinggal di Bogor, sinetron ini gapernah tamat sampe gue kelas 2 SD kalo gasalah. Nah, disinetron ini ada adegan “menampar” dan gue saat itu ngerasa bahwa tindakan itu super cool banget kalo di praktekin. Hehe….. (sumpah, gue baru sadar, kalo sinetron itu beneran bisa ngerusak moral anak yah Haha LOL).
Suatu hari nih sehabis pulang sekolah pas lagi ngantri di pintu gerbang keluar, temen gue (cowo) ngerasa penasaran banget sama isi dibalik kerudung gue, dia pun buka kerudung gue dari belakang dan bilang “Ah, mau liat rambut Elga ah…”. Bstttttthhhhhh…….. gue yang kala itu inget adegan TERSANJUNG pun langsung menebas tangan temen gue tadi, dan menampar wajahnya dengan kekuatan sailor moon. Beuh……. Doi langsung diem, dan ketakutan dong, terus temen-temen lain cuman ngeliatin gue dan kembali ke barisannya masing-masing. (Huft,, untung gak ada guru yang ngeliat), well, itu adalah pengalaman pertama gue yang pada umur 6 tahun sudah melakukan kekerasan fisik atas alih-alih pembelaan diri hehehe…
Oke, berlanjut ke SD nih, pengalaman SD gue bisa dibilang lumayan tragis, karena gue adalah korban bullying, the next story is on part two…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinta itu Buta

Airport Diary 1

Pinky Outfit