Jangan Copot Kerudung Ku Bu… Part II


Setelah sebelumnya gw cerita tentang masa kecil, disini akan gw lanjutkan masa-masa pembulian gw di SD. Well, kenapa gw bikin tulisan ini,karena sebelumnya di insta story gw banyak banget pertanyaan tentang jaman kecil yang mana gw adalah korban bullying. Mungkin banyak yang gak nyangka kalo masa kecil gw bisa dikatakan suram. Gimana engga, jaman dulu itu gw sekolah pada awal tahun 2000an. Gw baru 1 tahun di kota Purwokerto. Bahasa jawir gw blom fasih, dan gak mau mempelajari bahasa jawa, karena menurut gw itu susah. Keseharian gw dilingkungan keluarga selalu menggunakan bahasa Indonesia, that’s why gw lebih lancar menggunkaan bahasa Ibu. Masuk ke Sekolah dasar Negeri di tahun tersebut sangatlah susah (bagi cewe berkerudung). Gatau gemana kebijakan jaman dulu anak-anak yang sekolah di SD Negeri rata-rata ya enggak ada yang berkerudung. Jadi kalo semisal mau menggunakan kerudung yaudah pilihannya adalah Sekolah berbasis Islami, seperti misalnya Al-Irsyad. Namun, finansial orang tua gw yang kala itu sedang melonjak turuuuuun dengan sangat drastis karena Bapak harus turun jabatan menjadi staff golongan bawah (-resiko yang harus diterima PNS jika pindah karena kehendak pribadi) membuat ortu gw mau nggak mau harus menyekolahkan gw di sekolah Negeri yang bisa dikatakan SPP nya sangat murah.
Masuk ke sekolah dasar Negeri tidak semudah pikiran kalian teman-teman. Bagi gw sendiri, sebelumnya sempat ditolak oleh Kepala sekolah dengan alasan (Anak Ibu berkerudung). Lantas, Mamah gw yang sangat kritis kala itu langsung menghadap Kepala Sekolah dan menantangnya dengan salah satu ayat di AlQuran. And you know…. Gw diterima di sekolah itu karena pertolongan ayat Al-Quran. Kereeeeeeeen……… hahaha.
Tapi… gak semudah itu juga sih guys, dikala yang lainnya diterima hanya berdasarkan nilai raport TK, lain halnya dengan gw yang harus mengikuti berbagai rangkaian test, seperti misalnya membaca, menulis, dan berhitung. Untungnya sih gw engga terlalu bodoh saat itu. Finally gw diterima di SDN 4 Kranji(yang katanya sekarang jadi SD Favorite di Purwokerto). Prok-prok prokkkk…..
Menurut gw Sekolah itu sangat engga enak, rata-rata temen gw menggunakan bahasa Jawa. Gw nggak pernah nyambung saat diajak ngobrol, gw engga punya temen….
Hingga kejadian itu pun datang….
SDN 4 Komplek (merupakan sebuah SD Besar yang memiliki cabang, diantaranya SDN 4,5,6 Kranji) dan dari sebesar itu….. Gw merupakan satu-satunya murid yang menggunakan kerudung. Bisa kalian bayangkan, kenapa gw akhirnya tidak memiliki teman, ya karena gw BERBEDA. Saat itu penggunaan jilbab memang tidak semarak sekarang guys. Bahkan nggak ada 1 guru pun yang menggunakan jilbab. Hingga pada suatu hari….
Gw lupa hari apa itu, yang pasti gw ingat adalah hari tersebut merupakan hari KERTANGKES (Keterampilan Ketangkasan dan Seni). Gw paling suka mata pelajaran itu, karena sangat Have fun… Namun begonya adalah, gw kira hari itu ya udah cuman mata pelajaran KERTANGKES aja. Sehingga hari itu gw enggak mempersiapkan buku dan alat tulis. (FYI, gw nyiapin buku mata pelajaran buat esok hari selalu sendiri, karena ortu gw sibuk dan keteteran ngurusin Eyang gw yang udah sakit-sakitan). So… hari yang gw kira akan have fun seketika berubah !!!!!
Setelah mata pelajaran KERTANGKES, tiba-tiba guru dengan Inisial S menyuruh anak-anak untuk membuka buku mata pelajaran selanjutnya. Gw kebingungan saat itu, karena gw sama sekali enggak membawa buku tulis sekalipun. Akhrinya gw meminta kertas kepada teman sebangku gw. Naas nya…. Engga ada satu orang pun di kelas itu dengan jumlah siswa 40 orangan yang mau memberikan secarik kertas itu ke gw. Hingga salah satu murid melapor kepada Bu S bahwa gw engga membawa buku mata pelajaran.
Gw pun disuruh maju kedepan dan….
“KAMU NIAT SEKOLAH GAK SIH?” Dengan mata melotot dan tangan menggenggam penggaris kayu sepanjang 1 meter.
“…….” Gw cuman mengangguk ketakutan.
“LEPAS AJA INI KERUDUNG! SEKALIAN SAMA BAJU KAMU, SANAH BIAR KAMU TELANJANG AJA KAYAK ORGIL DIDEPAN SEKOLAH!” “KAMU TAU ORGIL DEPAN SEKOLAH KAN ELGA?”.
“…..” Gw cuman bisa menunduk dan mengangguk.
“ANAK-ANAK JANGAN SAMPAI KALIAN KAYAK ELGA YA! YA SUDAH… BAGI SATU KERTAS UNTUK ELGA” “ELGA… JANGAN DIULANGIN LAGI!”
…..
Hari itu gw termenung…. Mamah yang sudah sumringah menjemput gw di depan kelas pada pukul 10 pun terheran. Sebab, gw adalah anak yang super ceria kalo mamah jemput gw didepan kelas. Tapi kali ini gw terdiam. Mamah pun  menanyakan…. “ada masalah apa? Kok anak mamah cemberut? Kalo ada apa apa Ega cerita yah ke Mamah”
“engga ada Mah”.
“yaudah… Ega laper nggak? Mau makan Bakso RRI?”
Akhirnya gw membonceng mamah dan makan bakso favorite gw kala itu. Nampaknya mamah sangat tau kalo-kalo anaknya lagi dalam masalah, hahaha.
Di baksoan itulah gw memberanikan diri untuk menceritakan semua kejadian hari itu di kelas.
Mamah pun tiba-tiba menghentikan makanannya dan langsung ingin tancap gas ke sekolahan. Tapi karena saat itu sudah jam pulang sekolah, akhirnya mamah mengurungkan niatnya dan menuahkan amarahnya pada esok hari.
Esok nya, mamah menghadap ke Bu S didepan kelas dan didepan murid-murid. Nampaknya mereka berdiskusi serius, mamah dengan mata terbelalak dan Bu S dengan wajah ketakutan dan menundukan kepalanya menadakan bahwa diskusi ini bukan diskusi biasa. Mamah pun menyuruh Bu S untuk meminta maaf didepan anak muridnya. Hingga akhirnya gue pun disuruh maju kedepan dan doi minta maaf sambil mengelus elus kepala gue. hari itu gue berasa KING OF THE DAY. Doi takluk sama gue, semenjak kejadian itu, setiap kali Bu S ketemu gue beliau selalu senyum ramah dan mengelus kepala gue. hal ini terjadi sampai gue menginjakkan kaki di kelas 6. Entahlah, apakah itu palsu atau bukan, gue nggak peduli.
Tidak…. Bullying tersebut tidak serta merta berhenti karena kasus itu saja.
Yah.. akhirnya setelah kelas 3 gue memiliki sahabat baik sih, namanya Sheilla dan Ghaida. Mereka selalu melindungi gue dikala gue dijahatin sama temen-temen. Gue inget banget ketika temen-temen bermain Bay-bayan (yang harus sekelompok dengan jumlah orang tak terhingga) gue selalu ditolak dengan alasan “yah… udah pas”. Akhirnya waktu istirahat gue selalu abisin dengan memakan rames nasi goreng ditambah taburan pilus garuda.(sumpah itu enak)… oke ga penting.
Sebenernya ada banyak banget kasus bullying yang gue alamin, seperti contohnya, ketika gue punya sepatu baru yang ternyata warna dan merek nya sama seperti yang dimilikin oleh teman sekelas, alhasil sepatu gue diijek-injek dan di teriakin “HUH DASAR IKUT-IKUTAN, EMANGNYA KAMU GA BISA APA MILIH SEPATU LAIN! DASAR *******”. Oke jangan kaget, anak-anak SDN 4 saat itu memang luar biasa keren, perkataan mereka udah kayak anak kuliahan yang faseh dalam melontarkan kata kata kasar. Moment lainnya yang gue paling inget adalah ketika pelajaran olahraga, leher gue dicekek sampai mata gue merah dan mengeluarkan air mata. Saat itu Ghaida lah yang membela gue. Idup gue kala itu selalu terselamatkan karena si Jagoan Ghaida, gue galau kalo dia sakit atau bolos sekolah.
Sedikit cerita, mamah gue merupakan sosok keren dengan otak brilian, ketika gue kelas 5 SD, gue dan keluarga mengadakan trip jalan jalan ke Bali. Pulang dari Bali, mamah punya ide untuk beli gantungan sebanyak 40 buah alih alih untuk teman sekelas. Hal itu dilakukan mungkin agar supaya anaknya punya temen kali yah.. hahaha. Akhirnya, gue punya temen juga….
Temen main gue bertambah, ada Siti, Angkita, Ines, dan temen-temen cowo lainnya. Setiap pulang sekolah gue selalu main sepedaan dan rujak-rujakan dengan mereka. Pokoknya seru…..!! gak ngenes-ngenes amat kan guys hehe. Bahkan kebohongan pertama yang gue lakuin ke Mamah untuk pertama kalinya adalah ketika kelas V SD. Setiap pulang sekolah gw bilang ke Mamah kalo ada kerja kelompok, aslinya si main. Gw inget banget Ghaida bilang “Ayolah El, main…… bilang aja abis kerja kelompok, si Siti punya masak masakan baru tuh, yuh kerumah Siti”. Akhirnya keahlian berbohong telah terpupuk dari hari itu juga.
Di tahun 2005 tepatnya ketika gw kelas V, ada 1 anak dari kranji sebelah yang menggunakan jilbab, gw seneeeeenggg akhirnya gw punya temen. Disusul dengan beberapa guru yang menggunakan kerudung, dimulai dari 2 kemudian bertambah hingga 5 guru yang menggunakan jilbab. Saat itu gw merasa lumayan PD dan happy karena pada tahun itu akhirnya gue punya temen juga. wkwkwk

Menginjak ke kelas VI, pembullian tidak berhenti begitu saja Alfonso……… Tokoh Elga dalam kisah ini tetap menjadi sang Protagonis yang tertindas. Jadi, ceritanya gw punya temen yang selalu sinis dengan kehadiran gw di sekolah itu. Sampai-sampai tuduhan miring tentang gw dengan kata-kata tidak berpendidikan yang membuat konflik berkepanjangan dan ganggu Ujian gw saat itu. But… finally…… pembullian usai. Gue lulus dengan nilai Cuma-Cuma. Hahaha. The end. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinta itu Buta

Airport Diary 1

Pinky Outfit